"Mukmin yang paling cerdas yang ingat akan Kematiannya dan mempersiapkan diri untuk alam berikutnya"

Home » » Nilai Manusia Terletak pada Hatinya

Nilai Manusia Terletak pada Hatinya

URUSAN hati adalah hal penting yang selalu diperhatikan oleh Alquran. Bahkan nilai manusia terletak pada hatinya. Kali ini kita akan menyimak 8 hati yang sehat menurut Alquran. Apa saja 8 hati itu?

1. Hati yang tunduk. Yaitu hati yang tunduk, tenang dan yakin dengan keputusan Allah Ta'ala. Dan tunduk hati mereka kepadanya (Alquran). (QS.al-Hajj:54)

2. Hati yang selamat. Yaitu hati yang ikhlas karena Allah Ta'ala. Dan bersih dari kekufuran, kemunafikan dan kehinaan. Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih. (QS.ash-Shuara:89)

3. Hati yang kembali. Yaitu hati yang selalu kembali dan bertobat kepada Allah. Kemudian bertekad untuk selalu taat kepada-Nya. Yaitu orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak terlihat (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertobat. (QS.Qaf:33)

4. Hati yang takut. Yaitu hati yang takut amalnya tidak diterima oleh Allah dan dia selalu khawatir tidak selamat dari azab-Nya. Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka. (QS.al-Mukminun:60)

5. Hati yang bertakwa. Yaitu hati yang men-agungkan syiar-syiar Allah. Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati. (QS.al-Hajj:32)

6. Hati yang mendapat hidayah. Yaitu hati yang rela dan pasrah dengan ketentuan Allah Ta'ala. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. (QS.at-Taghabun:11)

7. Hati yang tenang. Yaitu hati yang tentram dengan meng-Esakan Allah dan selalu mengingat-Nya. Dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. (QS.ar-Rad:28)

8. Hati yang hidup. Yaitu hati yang mau merenungkan apa yang terjadi pada umat-umat terdahulu yang melawan perintah Allah Ta'ala. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai akal. (QS.Qaf:37)
Inilah 8 tipe hati yang sehat dalam Alquran. 

Ya Alloh bimbinglah diri ini ,karuniakanlah kami dengan hati yang sehat, semoga hati kita termasuk dalam salah satu kriteria di atas.

Aamiin...

0 komentar:

Posting Komentar

Admin menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Admin berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Terima kasih telah memberi tanggapan.