"Mukmin yang paling cerdas yang ingat akan Kematiannya dan mempersiapkan diri untuk alam berikutnya"

Home » » Semoga Hari Ini Aku Bisa Kalahkan Abu Bakar

Semoga Hari Ini Aku Bisa Kalahkan Abu Bakar

UMAR bin Khattab Radhiallahuanhu berkata:
Rasulullah Shallallahualaihi Wasallam memerintahkan kami untuk bersedekah, maka kami pun melaksanakannya. Umar berkata: Semoga hari ini aku bisa mengalahkan Abu Bakar. Aku pun membawa setengah dari seluruh hartaku. Sampai Rasulullah Shallallahualaihi Wasallam bertanya: Wahai Umar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?. Kujawab: Semisal dengan ini.

Lalu Abu Bakar datang membawa seluruh hartanya. Rasulullah Shallallahualaihi Wasallam lalu bertanya: Wahai Abu Bakar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?. Abu Bakar menjawab: Ku tinggalkan bagi mereka, Allah dan Rasul-Nya. Umar berkata: Demi Allah, aku tidak akan bisa mengalahkan Abu Bakar selamanya (HR. Tirmidzi)

Demikian segelintir contoh sahabat nabi saw dalam memperlakukan hartanya, mereka menjadikan harta-hartanya di dalam  genggaman tangannya, tidak sampai masuk ke hati. Generasi nabi dan sahabat adalah generasi yang terbaik sepanjang umat manusia ada di muka bumi ini, patut dijadikan model untuk membangun generasi umat kini dan masa akan datang adalah bagaimana metode/pola nabi saw dalam membina para sahabat..

Semoga kita mampu meletakan harta dunia dlm genggaman bukan dlm hati kita, &  kita mampu tundukan nafsu kita menumpuk harta hanya untuk kesenangan duniawi semata

0 komentar:

Posting Komentar

Admin menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Admin berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Terima kasih telah memberi tanggapan.